Jaman sekarang ini siapa sih yang tidak kenal dengan online shop yaitu belanja online lewat media internet, bahkan sekarang merambah ke dunia gadget dengan smartphone seperti, BB, I Phone, Android dan gadget lainnya. Mencari barang apapun kita bisa hanya dengan membuka smartphone dan mencari website-website portal untuk jualan online. Media jejaring sosial juga tak kalah ramenya sebagai lahan untuk berjualan on line.
Saya sempat tergelitik melihat istri saya yang makin hari makin rajin belanja online dengan barang yang dilihatnya dari blackberry messenger ataupun facebook, setiap bulan ada saja barang yang di belinya dari on line shop ini. Memang di jaman super cepat ini manusia semakin di manjakan oleh kemajuan teknologi yang harusnya memang berfungsi mempermudah hidup kita bukan.
Yang ingin saya ketahui adalah terkadang kita belanja online hanya dari deskripsi barang yang di foto dan di publish di internet kita tidak serta merta melihat langsung barang yang dijual kita sudah bisa transfer uang dan barang yang di beli sampai dirumah satu atau dua hari kemudian. Mengapa kita bisa dengan mudah percaya dengan barang yang dijual hanya lihat fotonya saja sih? ini mungkin karena kita sudah mulai percaya dengan kecanggihan teknologi.
Ya kepercayaan memegang peranan sangat penting dalam belanja dan berjualan on line, tentunya kita semua awalnya mencoba-coba membeli barang dari satu toko online yang kemudian cocok dan kita percaya, tapi apa semua toko online mempunyai kualitas yang sama dan treatment yang sama untuk customernya tentu saja ini semua bergantung pada karakter bisnis masing -masing dan kedewasaan bisnis yang di jalani.
Sendiri hanya sampai sekarang ini hanya belanja online dari toko atau orang-orang yang sudah di percaya saja dan jika belanja hanya di kisaran harga minimun yang saya tetapkan sendiri yah gak lebih lah dari 250 ribu untuk toko-toko yang baru saya kenal.
selalu simpan kontak details no telp, email, YM dan alamat penjual jad jika terjadi apa-apa bisa di hubungi dan untuk penjual online rasanya kepercayaan dapat dibangun semenjak kontak pertama biasanya calon pembeli akan mengubungi melalui, sms, BBM atau media lainnya segeralah di balas atau di respon, karena menurut saya respon yang cepat adalah faktor utama dalam membangun kepercayaan.
so keep happy shopping online :)

No comments:
Post a Comment